JL.Raya Cipayung No.134 Pondok Terong Cipayung Depok Hub.Adi 0821 2514 0825 DWI 0857 1998 0941
PUSAT BISNIS SUSU HAJI SEHAT LAYANAN CEPAT DAN TERPERCAYA HUB.ADI SUSANTO 0821 2514 0825 DWI YULIANA 0857 1998 0941 BEBAS ONGKOS KIRIM

Manfaat Susu Haji Sehat utk Pendarahan Hidung (Mimisan)



Manfaat Susu Haji Sehat utk Pendarahan Hidung  (Mimisan)


MIMISAN “ Jangan Di Abaikan “



Perdarahan Hidung


A.  Pengertian
Perdarahan Hidung (Epistaksis, Mimisan) adalah pardarahan yang berasal dari hidung.
B.  Penyebab
Mimisan memang kerap dialami oleh balita atau remaja berusia belia. Mimisan dapat didefinisikan sebagai peristiwa perdarahan akut dari lubang hidung, rongga hidung, atau nasofaring. Kebanyakan kasus mimisan tidak memiliki sebab yang mudah diidentifikasi, namun penyebab terbanyak kasus mimisan pada anak adalah kebiasaan mengorek hidung, adanya benda asing di dalam hidung, sinus, atau terlalu lama menghirup udara kering. Kasus mimisan yang terlalu sering,  besar kemungkinan karena terdapat pembuluh darah yang terbuka di hidung. 
Selain itu ada pula mimisan yang disebabkan karena trauma pada wajah (akibat benturan), alergi, penyakit TBC atau karena stres. Mimisan yang tidak berkaitan dengan umur adalah mimisan yang berhubungan dengan penyakit kelainan darah, seperti darah sukar membeku (hemofilia), leukimia, serta thalasemia, anemia sel sabit, serta defisiensi vitamin C dan K. Selain itu mimisan juga memiliki kaitan dengan hipertensi dan penyakit hati. 





C.  Cara Mengatasi

Normalnya mimisan yang bukan karena penyakit lebih mudah dihentikan. Sejak jaman dahulu masyarakat Indonesia telah memiliki "obat" mujarab untuk mengatasi mimisan, yakni dengan menggulung selembar daun sirih (piper betle lynn) dan memasukkannya ke hidung untuk menyumbat mimisan. Dalam sekejap aliran darah dari hidung pun terhenti. 
Jika daun sirih tidak ditemukan, maka yang perlu diperhatikan untuk menangani mimisan adalah dengan membaringkan pasien dalam posisi kepala dan bahu sedikit terangkat. Jika tidak dicurigai adanya fraktur pada hidung, pencet lubang hidung pasien agar menutup. Jika hanya satu lubang hidung yang mengeluarkan darah, letakkan ibu jari Anda pada sisi hidung yang mengeluarkan darah dan tekan dengan lembut hingga lubang hidung menutup. Berikan pula kompres dingin pada hidung dan wajah agar pembuluh darah yang terluka mengurangi aliran darahnya. 

Orangtua sebaiknya perlu waspada jika anak mengalami mimisan yang pertama kali disertai demam, karena kemungkinan itu adalah gejala penyakit berat, seperti kanker darah. Untuk itu segera bawalah anak ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Anak yang seringkali mimisan juga perlu diperiksakan ke dokter THT agar masalahnya tuntas. 
Anak yang sering mengalami mimisan sebaiknya perlu diperhatikan asupan gizinya. "Perbanyak konsumsi makanan yang bisa menguatkan dinding pembuluh darah, misalnya kalsium dan vitamin C.  Selain itu makanan pedas atau tembakau sama sekali tidak disarankan bagi mereka yang baru menderita mimisan. 
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk sementara membatasi aktivitas fisik yang berlebihan. Para orangtua juga harus mengingatkan anak agar tidak sering-sering mengorek hidungnya. 

Penyakit atau masalah kesehatan ini dapat dibantu penyembuhannya dengan mengkonsumsi Susu Colostrum “SUSU HAJI SEHAT” secara rutin. Karena zat Colostrum yang ada di Susu Haji Sehat banyak mengandung bahan bio aktif alami, yaitu kandungan utama yang baik untuk factor imun dan factor pertumbuhan. Bekerja secara sinergis dalam memulihkan dan menjaga stamina.