JL.Raya Cipayung No.134 Pondok Terong Cipayung Depok Hub.Adi 0821 2514 0825 DWI 0857 1998 0941
PUSAT BISNIS SUSU HAJI SEHAT LAYANAN CEPAT DAN TERPERCAYA HUB.ADI SUSANTO 0821 2514 0825 DWI YULIANA 0857 1998 0941 BEBAS ONGKOS KIRIM

Tips Aman dan Nyaman di Pesawat Selama Perjalanan Haji

Tips Aman dan Nyaman di Pesawat Selama Perjalanan Haji
Tips Aman dan Nyaman di Pesawat Selama Perjalanan Haji

Para jemaah asal Indonesia harus menempuh penerbangan selama 9 jam.
Musim haji  tinggal hitungan hari. Jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada 07 Juli 2019
Para jemaah akan diterbangkan dengan pesawat milik maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Mereka akan menempuh perjalanan
Jemaah haji Indonesia akan diterbangkan dengan Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Mereka akan menempuh masa penerbangan sekitar 9 jam sampai di Madinah untuk gelombang pertama dan Jeddah untuk gelombang ke dua.
Berada di udara selama 9 jam tentu bisa saja menjemukan. Terutama bagi mereka yang tak biasa perjalanan jarak jauh dan baru naik pesawat.
Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan jemaah saat berada di pesawat? Kasubag Humas Kilinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Kementerian Agama,, membagi sejumlah tips agar calon jemaah haji nyaman dan aman di pesawat:
Berikut tips agar aman dan nyaman selama dalam pesawat saat berangkat haji, sebagaimana dilansir laman Kementerian Agama:
Buat tempat duduk senyaman mungkin. Bawa barang bawaan secukupnya saja ke kabin pesawat.
Gunakan waktu tidur secara cukup dan cermat. Jangan berlebihan karena akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.
Hindari minuman berkafein, cukup mengkonsumsi air putih, SUSU, jus buah, dan makanan secukupnya selama di pesawat. Minuman berkafein dikhawatirkan dapat meningkatkan rasa cemas. Makanan yang diberikan pramugari, agar langsung dimakan dan dihabiskan, jangan ditunda-tunda dan tidak dihabiskan.
Gunakan selalu sabuk pengaman selama di dalam pesawat, baik dalam keadaan duduk maupun tidur.
Gerakan kaki setiap 2-3 jam duduk agar tidak kaku dan menghindari resiko DVT (Deep Vein Trombosis) tersumbatnya pembuluh darah vena akibat lepasnya bekuan-bekuan dinding pembuluh darah.
Untuk mengurangi resiko nyeri  pada telinga akibat perbedaan tekanan  udara, buka mulut waktu pesawat akan naik dan turun. Permen yang dibagikan pramugari sangat berguna dengan tujuan mulut mengunyah dan terbuka waktu pesawat akan naik dan turun, sehingga diharapkan risiko telinga sakit  akan berkurang.
Jangan menahan keinginan buang air kecil selama di pesawat. Jika belum tahu cara menggunakan toilet di pesawat, tanyakan kepada awak kabin. Menahan buang air kecil selama penerbangan akan beresiko bagi kesehatan.
Jangan lupa berdoa untuk keselamatan semua dan ikuti semua arahan awak kabin pesawat