JL.Raya Cipayung No.134 Pondok Terong Cipayung Depok Hub.Adi 0821 2514 0825 DWI 0857 1998 0941
PUSAT BISNIS SUSU HAJI SEHAT LAYANAN CEPAT DAN TERPERCAYA HUB.ADI SUSANTO 0821 2514 0825 DWI YULIANA 0857 1998 0941 BEBAS ONGKOS KIRIM

Jumlah Ideal Susu yang Harus Diminum Sehari



Menurut Epi Taufik, SPt, MVPH, Msi, Ph.D., susu termasuk salah satu minuman yang memiliki khasiat cukup tinggi yang diperlukan dalam tubuh manusia. Lantas, berapa jumlah ideal susu yang harus diminum dalam sehari?
Epi menuturkan, setiap hari manusia membutuhkan asupan kalsium yang berbeda-beda sesuai rentang umurnya. Berdasarkan rekomendari para ahli nutrisi, agar mendapatkan jumlah yang nutrisi yang cukup,jumlah ideal susu yang diminum dalam sehari adalah 2-3 porsi.
"Satu porsi susu sama dengan 200 ml susu, atau setara dengan satu botol sedang yogurt, atau keju seukuran kotak korek api," katanya.
Berikut ini ada rincian takaran ideal susu per hari bagi kalangan balita, anak, remaja, dewasa, dan orang tua.
Jumlah Ideal Susu yang Harus  Diminum Sehari

·              Balita. Anak-anak di bawah usia lima tahun disarankan minum susu tiga sampai empat kali sehari;
·              Anak. Bagi anak-anak yang sudah masuk usia sekolah dianjurkan minum susu dua gelas per harinya;
·              Remaja. Sama halnya dengan balita, remaja ternyata disarankan minum susu sebanyak empat gelas per harinya;
·              Wanita dewasa / orang tua. Untuk kaum wanita muda dan orang tua disarankan untuk minum susu sebanyak tiga gelas per hari.

Walaupun susu bermanfaat, konsumsi susu sebagian besar orang Indonesia masih tergolong rendah.
"Susu seperti halnya makanan lainnya adalah sumber zat gizi bagi manusia," tegas Epi. Menurutnya, zat gizi bagi manusia bisa didapatkan dari beragam sumber makanan.
"Susu sering dianggap sumber kalsium yang baik. Selain susu, ada juga sumber kalsium lain. Misalnya, brokoli dan ikan salmon."
Namun susu memiliki keunggulan dibandingkan makanan lain yang bergizi setara. Susu memiliki rasa enak dan lezat. Selain itu, daya cerna susu hampir 100 persen. Ini berarti hampir semua zat gizi dalam susu dipakai dalam metabolisme tubuh.
"Susu memiliki hampir semua zat gizi seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan manusia. Mutu protein serta lemak susu juga lebih baik dibandingkan makanan lain."
Jadi, ketika Anda memenuhi jumlah ideal susu yang diminum dalam sehari, berarti Anda telah memenuhi hampir semua nutrisi yang diperlukan tubuh.