JL.Raya Cipayung No.134 Pondok Terong Cipayung Depok Hub.Adi 0821 2514 0825 DWI 0857 1998 0941
PUSAT BISNIS SUSU HAJI SEHAT LAYANAN CEPAT DAN TERPERCAYA HUB.ADI SUSANTO 0821 2514 0825 DWI YULIANA 0857 1998 0941 BEBAS ONGKOS KIRIM

TIPS Menjaga Kadar Gula Darah agar Tetap Stabil



TIPS Menjaga Kadar Gula Darah agar Tetap Stabil
TIPS Menjaga Kadar Gula Darah agar Tetap Stabil

Mengulas sedikit tentang diabetes, ada banyak informasi yang kita bisa peroleh baik itu melalui media masa cetak atau media elektronik mengenai diabetes. Diabetes terdiri atas dua jenis yaitu diabetes yang tergantung pada insulin dan yang tidak tergantung pada insulin.

Tipe 1
Yang tergantung pada Insulin

Diakibatkan karena pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memecah gula darah menjadi energi bagi sel-sel tubuh, oleh karenanya tubuh memerlukan asupan insulin dari luar untuk membantu tubuh memecah gula darah menjadi energi. Menurut sumber-sumber yang saya dapatkan, diabetes tipe ini tergolong yang paling parah dan kebanyakan diderita oleh anak-anak muda.

Tipe 2
Yang tidak tergantung pada Insulin

Diakibatkan karena produksi insulin oleh pankreas tidak mencukupi atau karena disebabkan otot-otot dalam tubuh telah kebal terhadap insulin sehingga terjadi gangguan dalam pengiriman gula ke dalam sel-sel tubuh. Kebanyakan orang terjangkit diabetes tipe ini. Diabetes tipe II ini sering dijumpai ketika seseorang telah menginjak dewasa dan kebanyakan penderitanya memiliki kelebihan berat badan.

Ada banyak cara untuk menerapkan pola hidup sehat, namun bisa jadi cara yang saya terapkan tidak sesuai untuk Anda. Beberapa hal umum yang bisa Anda coba untuk pertimbangkan seperti:

Mengurangi konsumsi nasi putih

Sudah menjadi tradisi di dalam masyarakat Indonesia kalau belum makan nasi artinya belum makan. Anggapan semacam ini menyesatkan. Saya memiliki pengalaman yaitu setiap kali habis makan nasi putih saya pasti mengantuk. Itu karena kadar glikemik dalam nasi sangat tinggi sehingga sebagian orang sehabis makan nasi putih dapat mengantuk. Untuk mengatasi itu saya setiap hari membatasi mengkonsumsi nasi putih dengan cara mengantinya dengan beras jagung atau sesekali mengantinya dengan ubi singkong yang telah dikukus. Sebenarnya beras merah sangat baik karena kadar glikemik yang rendah tapi karena harga yang cukup mahal saya menggantinya dengan beras jagung dan singkong rebus. Anggapan bahwa nasi jagung dan singkong tidak menyehatkan dan identik dengan makanan murahan harus segera dihapuskan.

Mengurangi konsumsi gula pasir

Seandainya bisa hindari konsumsi gula pasir hingga 0%. Gula pasir termasuk karbohidrat sederhana yang mudah dipecah oleh tubuh untuk menjadi energi tapi tidak bertahan lama. Jika asupan gula di dalam tubuh terlalu banyak maka dapat melemahkan organ pankreas dalam memproduksi insulin akibatnya ginjal dipaksa untuk menyaring kelebihan gula dan mengeluarkannya melalui urin.

·                     Makan makanan yang beraneka ragam

Sayur, ikan, buah-buahan dan karbohidrat yang bukan berasal dari nasi harus menjadi menu harian kita. Dengan memperbanyak variasi dalam menu makanan kita maka asupan serat yang diperlukan oleh tubuh bisa terpenuhi. Hal ini dapat membantu tubuh dalam mengontrol gula dalam darah kita.

·                     Olahraga

Kita perlu berolahraga. Dengan berolahraga kelebihan gula di dalam darah akan dibakar menjadi energi.

·                     Istriahat yang cukup serta menghindari stres

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tubuh kita bukanlah mesin yang dapat bekerja 24 jam non stop. Cukup istirahat dapat membantu organ-organ metebolisme dalam tubuh bekerja dengan maksimal. Atasi stres dengan cara meluangkan waktu untuk berekreasi dengan keluarga atau pasangan Anda, mendengarkan musik yang menenangkan dan melakukan hobi yang Anda suka.

·                     Memeriksakan gula darah secara teratur

Sedikitnya dua kali dalam setahun tidak ada salahnya jika Anda melakukan pemeriksaan gula darah. Dengan cara ini Anda akan bisa memiliki gambaran kondisi gula darah Anda.
Diabetes dapat mengincar siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pola hidup yang sehat disertai dengan asupan makanan yang diperlukan oleh tubuh dapat menghindarkan kita dari penyakit diabetes. Jika Anda seperti saya memiliki gen turunan mudah terkena diabetes, tolong diingat bahwa hal ini bukan berarti diabetes tidak dapat dikendalikan.