JL.Raya Cipayung No.134 Pondok Terong Cipayung Depok Hub.Adi 0821 2514 0825 DWI 0857 1998 0941
PUSAT BISNIS SUSU HAJI SEHAT LAYANAN CEPAT DAN TERPERCAYA HUB.ADI SUSANTO 0821 2514 0825 DWI YULIANA 0857 1998 0941 BEBAS ONGKOS KIRIM

Benarkan Susu Dapat Menangkal Racun?





Benarkan Susu Dapat Menangkal Racun?

Benarkan Susu Dapat Menangkal Racun?

Banyak yang mengatakan, ketika seseorang menelan racun atau bahan kimia berbahaya secara tidak sengaja, harus segera diberikan susu untuk menawarkan racunnya. Benarkah demikian?
Menurut dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K), susu memang memiliki manfaat untuk mengatasi keracunan. Tapi, susu hanya sebagai pertolongan pertama saja, tidak dianjurkan sebagai terapi.
"Susu bukan menetralisir racunnya secara khusus. Susu bisa efek dilusi, pengenceran. Jadi begitu racun masuk diberikan body water yang besar," kata Ariani 
Dengan masuknya air yang banyak itu, lanjut Ariani, maka racun akan menjadi encer, melalui saluran cerna, seperti dibilas.
Susu ada kandungan laktosa, di mana pada batas tertentu laktosa ini membantu mempercepat buang air. Mayoritas orang Indonesia memiliki batasan terhadap asupan laktosa, sehingga ketika konsumsi susu akan menimbulkan efek di perut seperti akan diare. Lewat pembuangan inilah racun ikut terbuang.
Menggunakan air putih juga bisa memberikan efek dilusi yang mengencerkan racun. Hanya saja efek mengeluarkan dari tubuhnya tidak secepat susu.
"Tapi, ini bukan rekomendasi terapi, kita tidak bisa bilang obatnya keracunan susu. Ini adalah manfaat susu yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan racun," kata Ariani.
Tetap saja, korban keracunan harus dibawa ke dokter. Dokter nantinya juga akan melakukan proses pembuangan racun dengan mengisi lambung dengan cairan kemudian disedot dan proses ini dilakukan berulang hingga racun benar-benar habis.